Senin, 09 Juli 2007

Ternak Jangkrik Prospektif
Bisa untuk Jamu dan Farmasi
BERAWAL dari ikut-ikutan usaha istri sebagai distributor telur jangkrik sekitar pertengahan 1998, Ari Hidayat (35) berhasil mengembangkan usaha budidaya Jangkrik Kalung (Gryllus Testaceus) di Indonesia. Bahkan, 10 Oktober 1999 Ari mendirikan Asosiasi Peternak Jangkrik Indonesia (Astrik) yang berhasil merengkuh sekitar 50.000 peternak jangkrik seluruh Indonesia, 1.500 di antaranya peternak jangkrik dari Yogyakarta.
"Kita mencoba menyatukan peternak jangkrik dalam satu net work, menghindari gonjang-ganjing harga jangkrik, harga telur dan sebagainya. Dengan bekerjasama dalam satu jaring kita bisa memasarkan dan mengolah sendiri jangkrik tersebut dari budidaya hingga pemanfaatannya menjadi pakan burung, tepung jangkrik, bahkan bisa untuk jamu," ujar Ari kepada Bernas di Sekretariat Astrik yang sekaligus rumahnya Jalan Pakaryan 5 Panembahan Yogyakarta, Kamis kemarin.

Menurut ketua Astrik Pusat ini beternak jangkrik tidaklah sulit, tanpa memerlukan keahlian khusus, hanya didiplin dan ketelatenan yang didukung keanekaragaman kekayaan hayati Indonesia. "Dulu awalnya berlima bersama Endang (istri), Triyana, Naryo dan Tarsih bantingan Rp 200.000 per orang. Hasilnya belum dua tahun asetnya sudah mencapai sekitar Rp 25 juta termasuk ruang oven pengeringan jangkrik dari alumunium senilai Rp 12 juta," ujar alumnus FE UPN 1991 dan jebolan Fakultas Psikologi UGM ini.

Makanan untuk jangkrik mudah didapat seperti wortel, gambas, oyong, termemes, ceme, daun pepaya, daun singkong, jagung muda disamping konsentrat. "Ternak jangkrik ramah lingkungan di daerah yang tropis, suhu ruangan/kotak jangkrik harus dijaga dengan suhu antara 30-34 derajat celcius," papar bapak 1 anak ini.

Harga 1 ons telur jangkrik berisi 40 paket telur Rp 110 ribu, dengan perkiraan gagal 80 persen. Dalam 35-50 hari pemeliharaan, akan menghasilkan panen 20 kg dengan harga per kilonya mencapai Rp 50.000. Jadi 1 ons menghasilkan Rp 1 juta. "Dari hasil perhitungan gagal 80 persen, setiap 5 ons dengan hasil Rp 5 juta dikurangi biaya ternak dan biaya produksi sebesar Rp 3,25 juta masih menyisakan keuntungan Rp 1,75 juta atau keuntungan 54 persen," ujar pria kelahiran Yogyakarta 16 Mei 1960 ini.

Terima pasokan
Selanjutnya Astrik yang tersebar di seluruh Indonesia, menurut Ari siap menerima pasokan panen jangkrik dari peternak. "Selain kita juga menyediakan telur dan pembibitan jangkrik, kita juga produksi olahan jangkrik kalung menjadi minyak ekstrak dan tepung. Panenan jangkrik di oven selama 3 x 24 jam dengan suhu 45 - 55 derajat celcius, jangkrik yang sudah kering bisa diolah sendiri menjadi tepung sedangkan ekstrak minyak dikerjakan di Purwokerto," lanjutnya menyebut Dosen Unsoed Ir Prayitno MSi sebagai koordinator Litbang dengan dukungan laboratorium dari Unsoed, UGM, IPB.

Kemampuan produksi Jangkrik Kalung Astrik Pusat dapat mencapai 2 ton jangkrik oven setiap bulan atau lebih dari satu ton tepung jangkrik dan 50 liter minyak ekstrak jangkrik setiap bulannya. "Saat ini produksi per bulan 150 kg tepung jangkrik seharga Rp 275 ribu/kg. Sedangkan minyak mengikuti permintaan dengan harga Rp 2,5 juta per liter," ujarnya.

Dari tepung dan minyak jangkrik Astrik berhasil memproduksi kapsul jamu jangkrik terdiri dari Jamu Sehat Komplit, Jamu Sehat Lelaki, Jamu Sehat Wanita, dan Jamu untuk ibu mengandung dan menyusui. "Kapsul jamu jangkrik berprotein tinggi, asam lemah esensial tinggi, dan mengandung omega 3 omega 6 untuk memelihara tubuh dari gangguan penyakit dalam tubuh dengan harga terjangkau," tuturnya menyebut pemasaran tepung/minyak jangkrik ke perusahaan jamu dan farmasi. (cr7)

24 komentar:

Unknown mengatakan...

Jual cacing tanah (rubellus lumbricus) harga Rp 25.000/kg kapasitas 100 kg/minggu, melayani eceran dan partai
Jual jangkrik harga Rp 45.000/kg kapasitas100 kg/minggu, melayani eceran dan partai

Pemilik : Sudjatmiko
Phone : 081586297454
E-mail : jatindra_farm@yahoo.com
Lokasi Farm : Jl. Merdeka no.18, LK.10, RT.03, RW.02, Ngunut, Tulungagung, Jawa Timur
website: http://jatindra.awardspace.com

patung manekin mengatakan...

kalua boleh minta alamat yang bisa menerima jangkrik dong

patung manekin mengatakan...

kalau boleh tau bisa minta alamat yang menrima jangkrik y, thanks

AL-MAHERA mengatakan...

GAN, sy juga peternak jangkrik, tapi di sini pasaran hanya Rp 15000-16000,-.
dan tiap timbangan 1kg di lebihkan 3 ons.
jadi banyak peternak disini yg pada ngeluh.
tolong dong peternak disini jangkriknya di angkat dengan harga yang lebih layak.

AL-MAHERA mengatakan...

o iya gan, tolong alamat jelasnya dong, agar saya bisa ngelongok ke sana, dan insya awloh sy mau kerja sama jg dengan si JURAGAN.

husnibtm74 mengatakan...

gan... ana ada dibatam, ana mau gabung menjadi anggota astriknya. kr2 bisa ngak ya???? dan krn dibatam banyak peternak gmn caranya mengolah jangkrik menjadi tepung. tks banget infonya...

husnibtm74 mengatakan...

gan... gmn caranya mengolah jangkrik menjadi tepung??? krn dibatam banyak peternak jd kami mau menjadi mitra anda.. tks

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum Gan,
Selamat hari raya idul fitri,

Mau tanya, kalau kantor Astrik yang di medan alamatnya di mana & skalian saya minta no telp yg bisa saya hubungi untuk Astrik di Medan,

abdullahrhony@gmail.com

Mochamad Irfan mengatakan...

alhamdullah... ada jalan. Saya pengepul jangkrik di Mojokerto Jawa Timur, karna stocnya berlebih harga jangkrik jadi murah ! saya mw kerjasama untuk pengolahan jangkrik ( tepung / minyak ) Mhon konfirmasinya terima kasih. Irfan

okeirfan@ymail.com
085 648 30 93 39

DenShoim mengatakan...

mohon informasi, apakah astrik jogja masih? dimana alamatnya/kontak. atau hubungi saya 083867506999.

Unknown mengatakan...

assalamualaikum.. wr wb

minta alamat kantor astrik yang di bandung dong... makasih...

ternak jangkrik "AIR MATA IBU " mengatakan...

BUDIDAYA JANGKRIK KELOMPOK WIRAUSAHA “AIR MATA IBU” milik JUNAEDI Kp. RAwakuda RT. 003/002 Desa Karangharum Kecamatan Kedungwaringin Kabupaten Bekasi 2013



BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Terjadinya krisis Ekonomi yang berkepanjagan yang terjadi di Indonesia membawa dampak yang cukup serius bagi masyarakat Indonesia. Pengangguran semakin bertambah, sedangkan lapangan kerja begitu sulit. Untuk mengantisifasi itu semua, Kami dari kalangan Pemuda Desa Karangharum Kecamatan Kedungwaringin Kabupaten Bekasi, berusaha untuk menciptakan lapangan usaha dengan cara pengembangan usaha mandiri dibidang pembudidayaan jangkrik yang sangat sesuai dengan letak geografis Kabupaten Bekasi Khususnya Desa Kami. Bahan baku dan pakan jangkrik yang cukup banyak tersedia disini membuat Kami semakin bersemangant untuk mengembankan usaha ini. Maka untuk itu Kami mengambil langkah positif dengan membentuk kelompok usaha yang Kami beri nama “ AIR MATA IBU” untuk perekonomian sekaligus tambahan penghasilan.

B. TUJUAN

Kelompok ini Kami bangun atas dasar keinginan dan niat kuat untuk merubah ekonomi keluarga para anggota kearah yang lebih baik karena pembudidayaan jangkrik Kami yakini akan dapat meraih sukses dipasar. Kelompok ini juga bertujuan :

1. Menyediakan Lapangan Kerja di pedesaan

2. Membantu Program Pemerintah.

3. Memberikan nilai tambah perekonomian keluarga.

4. Mudah-mudahan mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bekasi sehingga Kami dapatmengembangkan usaha ini lebih baik lagi.


BAB II ASPEK MANAJEMEN


A. STRUKTUR ORGANISASI

Susunan Pengurus Kelompok Wirausaha “AIR MATA IBU “

Ketua : JUNAEDI

Sekretaris : MA;MUN RAHMAT

Bendahara : RUDI

SEKSI-SEKSI

1. Seksi Produksi( PETERNAK) :

- JUNAEDI

- M.RAHMAT

- ENDA

- ENJUH

- RUDI

- OO SUDARMAN

- SURYA

- BONEN

2. Seksi Pemasaran : 1. JUNAEDI

2. SURYA

B. URAIAN TUGAS

Adapun tugas-tugas pada Kelompok Wirausaha “AIR MATA IBU “ telah jelas sesuai dengan jabatannya, yaitu:

1. Ketua bertugas mengatur, mengontrol dan bertanggungjawab semua kegiatan. Mulai dari

pengadaan bahan hingga pemasaran.

2. Sekretaris bertugas mencatat semua aset-aset kelompok yang berhubungan dengan produksi

seta sura-surat berharga dan seluruh pengadministrasian usaha ini.

3. Bendahara bertugas mencatat semua pemasukan dan pengeluaran hasil produkasi dan

menyimpannya di rekening kelompok.

4. Seksi Produksi bertugas mencari dan mensuplai bahan baku dan mengelolanya dengan baik

sehingga menjadi produk yang bagus dan berkualitas.

5. Seksi Pemasaran bertugas memasarkan Produk yang dikeluarkan, baik melalui iklan maupun

mendatangi konsumen langsung.


C. ASPEK YURIDIS

Kelompok Wirausaha “ AIR MATA IBU “ yang bergerak di bidang budidaya jangkrik telah mendapat izin resmi dari Ketua RT. 003 / 02 dan Kepala Desa Karangharum Kecamatan Kedungwaringin Kabupaten Bekasi.


BAB III ASPEK PRODUKSI


A. LOKASI USAHA Lokasi usaha Kami berada di Kp. Rawakuda .Desa Karangharum Kecamatan Kedungwaringin Kabupaten Bekasi. Pada sebuah bangunan yang berdiri diatas tanah para anggota kelompok Wirausaha “AIR MATA IBU “.


B. SARANA PETERNAKAN Adapun sarana peternakan kelompok Kami adalah : 1. Tempat/Kandang : Sebuah kotak besar berukuran 2.5m x 1.5m x 0.5m, yang terbuat dari triplek yang di isi dengan daun pisang yang telah kering atau biasa Kami sebut “kelaras”, yang berfungsi sebagai media persembunyian jangkrik. 2. Benih/bibit : Telur jangkrik. 3. Pakan : Pur , sayuran, vitamin, dedek lembut.


C. SARANA PENUNJANG Adapun sarana penunjang produksi lainnya yaitu beberapa kendaraan bermotor (sepeda motor) yang Kami gunakan untuk mencari kelaras , pakan jangkrik dan untuk pemasaran.


bagi anda yang ingin bergabung dan bagi anda para bandar jangkrik yang ingin bekerja sama dengan kami silahkan hubungi JUNAEDI Kp. Rawakuda RT. 003 / 02 .Desa Karangharum Kecamatan Kedungwaringin Kabupaten Bekasi.EMAIL:junaediafandithea@gmail.com.
CALL;085697707903

Unknown mengatakan...

***>PELUANG USAHA BARU <***

Kami menyediakan INDUKAN #SEMUT KROTO/SEMUT RANG RANG
-kualitas unggul
-modal kecil prospek sangat bagus

-panen dlm waktu singkat (20hari bisa panen kroto)

-beli cuma 1x koloni indukan dpt di pakai #seterusnya

-hanya membutuhkan ruangan kecil
(rak 1x1meter dg 6 tingkat bisa muat 200 toples lebih)

-semut tdk menyebar kmana2,
aman di pelihara di dlm rumah.

-perawatan relatif mudah dan murah,
hanya menyediakan untk konsumsinya saja,bisa 3hari skali,
sminggu skali menyesuaikan kesibukan anda.
bisa dr sisa makan kita,ulat
hongkong,serangga,dll.

-tidak menyita waktu,
anda tetap bisa melakukan pekerjaan lain,
anda tidur pun semut rangrang akan terus bekerja untuk anda memberi penghasilan kpd anda.

-tidak perlu pohon/daun.

~bisa di kembang biak kan sendiri.

~kebutuhan kroto sbg makanan burung,umpan mancing dan kebutuhan lain SANGAT TINGGI dan cenderung KEKURANGAN STOK di tiap kota.

~bisa di jadikan pembasmi hama alamiah bagi tanaman

~harga kroto makin melambung tinggi dari waktu ke waktu

-mudah untk menjual hasil panen,
diantaranya di jual ke pengepul,kios penjual makanan burung,atau ke pasar2 burung.


Ini peluang emas ....
mari memulai usaha mudah,murah dan propek bagus bersama kami.


** >> setiap pembelian koloni indukan di berikan pelatihan budidaya #GRATIS sampai bisa.


>> sudah berupa indukan yg
bersarang dalam toples,bukan semut yg di wadahi toples.


**> harga indukan + sarang dalam toples = Rp.50.000 <**

STANDART INDUKAN,BUKAN ASAL SEMUT BERSARANG



Beli 10toples dpt bonus GRATIS 1 toples.
20 dpt bonus 3
50 dpt bonus 7
100 dpt bonus 20 (senilai 1 juta ! )
Pembelian partai besar dpt bonus spesial..
Harga bisa di rembuk

RESELLER WELCOME

>> #alamat :

dusun
giriloyo RT 05,RW 22.
kel. wukirsari,
kec. imogiri,
kab. bantul,
yogyakarta.


Info lebih lanjut via
#sms/tlp :

087839400244

(WhatsApp ON)

PIN by request

Bisa kirim luar kota,,,,,
bibit indukan yg mati karna pengiriman bisa di tukar dg yang baru..

GRATIS KONSULTASI SAMPAI MAHIR (khusus pembelian bibit dr kami)


Salam sukses

(y)

by mbah tombol

:D

donidikdon mengatakan...

sy ingin bergabung di usaha ternak jangkrik..!!!!!!!! gman caranya..!!!

Unknown mengatakan...

Saya peternak jangkrik 10an hari lagi siap panen -+ ad 1kwintal
ada pengepul yg minat hubungi si nomer ini
082233106763

facebook mengatakan...

saya peternak jangkrik dr malang.....setiap panen saya kasihkan pengepul...tp harganya sangat murah....jadi saya selalu rugi.gimana caranya supaya saya bisa bekerja sama dengan pt astrik?
085954450034

facebook mengatakan...

saya peternak jangkrik dr malang.....setiap panen saya kasihkan pengepul...tp harganya sangat murah....jadi saya selalu rugi.gimana caranya supaya saya bisa bekerja sama dengan pt astrik?
085954450034

Unknown mengatakan...

Sy di mojokerto di trowula. Apa bisa sy pasarka. Ke anda hasil ternak jangkriknya..tr. Ksh

Unknown mengatakan...

udah jual jangkrik ke saya aja.. buat yg serius, bisa hubungi saya 089502051450
sms dulu sebelum nelpon, biar sy gak bingung..

Romy Juan mengatakan...

Saya peternak jangkrik dbekasi gansaya bingung dengan pemasarany dsni kebanyakn sudah ada penhetornya
Jenis alam..mohon kerja samanya gan
081284715102

rully21 mengatakan...

Alamat'x dimana gan?
Sklian no tlp'x

rully21 mengatakan...

Jaul k'saya aja d'bekasi gan bisa lebih hrg'x.
085247273781

Unknown mengatakan...

Tlong mnta info tlor jangkrik sama penjualanya di area purwokerto,pemula mksh,,
Wa.082324202155

Unknown mengatakan...

Saya mau ternak jangkrik,sediakan telur,saya beli telur jangkrik.panen jangkrik harga 25.000